Langsung ke konten utama

Bambu Alternatif Pengganti Tulangan Baja / Besi

Dalam hal ini Memungkinkan Bambu Alternatif Pengganti Tulangan Baja / Besi
FCL, bersama rekanan peneliti dari REHAU Jerman, Dr. Dragan Griebel, menemukan bahwa dari 54 negara di Benua Afrika, hanya dua yang mampu memproduksi baja. Sementara itu, 52 negara lainnya harus berkompetisi dalam pasar dunia untuk memperoleh baja.

Memang, meskipun berbiaya tinggi dan sulit diperoleh, negara-negara tersebut tetap berjibaku mencari baja untuk membangunan lantaran baja seolah tidak tergantikan. Ternyata, hasil penelitial FCL berkata lain.
 

"Namun, baja bukannya tidak bisa digantikan. Ada material alternatif lain yang tumbuh di zona tropis planet kita, sebuah area yang secara kebetulan dekat dengan negara berkembang, yaitu bambu," ujar keterangan FCL dalam situs resminya.


Bambu tidak hanya mudah ditemukan dan jumlahnya masih banyak tersedia. Bambu juga sangat tangguh. Karena itu, bambu punya potensi sebagai pengganti ideal di lokasi-lokasi yang tidak mampu memproduksi baja. Di antara material potensial lain, misalnya kayu, bambu cenderung lebih unggul.

Berbeda dari kayu, bambu lebih tipis dan kopong. Bambu yang fleksibel bisa bergerak mengikuti tiupan angin. Karena itu, bambu lebih unggul dari kayu.

Sayangnya, sejauh ini bambu belum bisa begitu saja digunakan sebagai tulangan dalam beton. Masih ada proses penelitian dan pengembangan yang harus kembali dilakukan.

Kontraksi dan ekspansi bambu, misalnya, membuat bambu belum bisa digunakan. Kedua hal ini terjadi karena perubahan temeratir dan penyerapan air. Sejauh ini, satu tim yang berisi peneliti muda dalam FCL masih bekerja untuk mengeksplorasi potensi bambu.

Baca Juga artikel menarik lainya soal bambu :

Bambu merupakan Material Bangunan yang di Akui Arsitek Dunia
Bambu Adalah
Harga Bambu
Kemewahan Rumah Bambu
Pagar Unik dari Bambu dan Kayu
Hotel Dari Bambu
Bambu adalah Baja / Besi Hijau dari abad ke-21


by : http://www.futurecities.ethz.ch/project/bamboo/
www.archdaily.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAB PAGAR TEMBOK

berikut rab pagar tembok, agar estimasi ini bisa menjadi pengetahuan untuk merencanakan anggarn biaya membuat pagar tembok. contoh dari rab pagar tembok biasa / polos tanpa variasi rencana pembangunan tembok panjang 6 m dan lebar 6 m tinggi 3 meter maka total panjangnya adalah 12 m’ dan luasnya adalah 36 m2, setiap 3 m dibutuhkan satu kolom praktis sehingga dibutuhkan 5 kolom, maka prediksi biaya yang harus dikeluarkan adalah : • Pekerjaan pondasi Rp. 200.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 2.400.000,- • Pekerjaan sloof ukuran 20 x 30 cm Rp. 150.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 1.800.000,- • Pekerjaan kolom ukuran 10 x 10 cm Rp. 150.000 / m’ x 3 m ‘ x 5 bh = Rp. 2.250.000,- • Pasangan bata merah, plester dan aci Rp. 150.000 / m2 x 36 m2 = Rp. 5.400.000,- • Jadi total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 11.850.000,- (warna biru harga berbeda tiap daerah berdasarkan harga satuan ya sesuai RAB)  

RAB MENGHITUNG KEBUTUHAN MATERIAL PAGAR BATA / Batu Bata Merah

Sesuai dengan judul postingan kali ini adalah Menghitung Kebutuhan material Pagar, adalah permintaan dari pembaca yang minta bantuan menghitung kebutuhan material untuk pagar seperti gambar. Ukuran pagar Tinggi 2 meter panjang 8 meter

CARA MENGHITUNG VOLUME KAYU M3 MENJADI JUMLAH PERBATANG

Bagaimana Cara Untuk menghitung / mengetahui jumlah kayu dalam setiap kubiknya per M3 manjadi perbatang,dengan cara : 10.000 : Tinggi ...cm : Lebar .... cm : Panjang Kayu .... M = Hasil contoh 10.000 : 2 : 20 : 4 = 62 batang