Langsung ke konten utama

ASPAL BETON ( HOTMIX)

Kita terlebih dahulu mengetahui dasar pengertian ASPAL adalah
bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Aspal berasal dari aspal alam atau aspal minyak (aspal yang berasal dari minyak bumi). Berdasarkan konsistensinya, aspal dapat diklasifikasikan menjadi aspal padat, dan aspal cair.

Aspal atau bitumen adalah suatu cairan kental yang merupakan senyawa hidrokarbon dengan sedikit mengandung sulfur, oksigen, dan klor. Aspal sebagai bahan pengikat dalam perkerasan lentur mempunyai sifat viskoelastis. Aspal akan bersifat padat pada suhu ruang, dan bersifat cair bila dipanaskan. Aspal merupakan bahan yang sangat kompleks, dan secara kimia belum dikarakterisasi dengan baik. Kandungan utama aspal adalah senyawa karbon jenuh, dan tak jenuh, alifatik, dan aromatic yang mempunyai atom karbon sampai 150 per molekul. Atom-atom selain hidrogen, dan karbon yang juga menyusun aspal adalah nitrogen, oksigen, belerang, dan beberapa atom lain. Secara kuantitatif, biasanya 80% massa aspal adalah karbon, 10% hydrogen, 6% belerang, dan sisanya oksigen, dan nitrogen, serta sejumlah renik besi, nikel, dan vanadium. Senyawa-senyawa ini sering dikelaskan atas aspalten (yang massa molekulnya kecil), dan malten (yang massa molekulnya besar). Biasanya aspal mengandung 5 sampai 25% aspalten. Sebagian besar senyawa di aspal adalah senyawa polar.
Aspal Beton (HOTMIX)
Aspal Beton (HOTMIX)



Aspal Beton (HOTMIX)
Aspal Beton (Hotmix) adalah campuran agregat halus dengan agregat kasar, dan bahan pengisi ( Filler ) dengan bahan pengikat aspal dalam kondisi suhu panas tinggi. Dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis.
Jenis Aspal Beton ( HOTMIX )?
Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal Beton mempunyai beberapa jenis Antara Lain:
Binder Course ( BC ) dengan tebal minimum 4cm biasanya digunakan sebagai lapis kedua sebelum wearing course.
Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 Cm digunakan sebagai lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.
Hot Roller Sheet ( HRS ) / Lataston / laston 3 dengan tebal penggelaran minimum 3 s/d 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang
( FG ) Fine Grade dengan tebal minimum 2.8 cm maks 3 cm bisanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah.
Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 Cm digunakan sebagai lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.klik salah satu baner di bawah penjelasan ini.
Sand Sheet dengan tebal Maximum 2.8 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan perparkiran.
Wearing Course ( AC ) / Laston dengan tebal penggelaran minimum 4 Cm digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.
Aplikasi Aspal Beton ( HOTMIX ) :
Aspal Beton (Hotmix) secara luas digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat, sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca
Apa kelebihan Aspal Beton Hot Mix :
Waktu pekerjaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu.
Lapisan konstruksi Aspal beton tidak peka terhadap air, (kedap air ).
Dapat dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penghamparan.
Mempunyai sifat flexible sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara,
Pemeliharaan yang relative mudah dan murah.
Stabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi
Aplikasi Aspal Beton



Aspal Beton (Hotmix) secara luas digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat, sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca.



Jenis Aspal Beton

Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal Beton mempunyai beberapa jenis Antara Lain :

1.        Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 cm digunakan sebagai  lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / 

           Tinggi.

2.        Binder Course ( BC ) dengan tebal minimum 4 cm biasanya digunakan sebagai  lapis kedua sebelum wearing course.

3.        Wearing Course ( AC ) / Laston dengan tebal penggelaran minimum 4 Cm  digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.

4.        Hot Roller Sheet ( HRS ) / Lataston / laston 3 dengan tebal penggelaran  minimum 3 s/d 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi

           jalan dengan lalu lintas sedang.

5.        Fine Grade ( FG ) dengan tebal minimum 2,8 cm maks 3 cm bisanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah.

6.        Sand Sheet dengan tebal Maximum 2,8 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan  perparkiran.



Kelebihan Aspal Beton ( HOTMIX )

1.        Lapisan konstruksi Aspal beton tidak peka terhadap air, (kedap air )

2.        Dapat dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penghamparan .

3.        Mempunyai sifat flexible sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara.

4.        Waktu pekerjaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu.

5.        Stabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi.

6.        Tahan lama terhadap gesekan lalu lintas dan cuaca.

7.        Pemeliharaan yang relative mudah dan murah.

8.        Ekonomis.

PENGENDALIAN SUHU ASPAL


Sifat Aspal dan Batasan Suhu



Kandungan utama aspal adalah senyawa karbon jenuh dan tak jenuh, alifatik dan aromatik yang mempunyai atom karbon sampai 150 per molekul. Atom-atom selain hidrogen dan karbon yang juga menyusun aspal adalah nitrogen, oksigen, belerang dan beberapa atom lain. Secara kuantitatif, biasanya 80% massa aspal adalah karbon, 10% hidrogen, 6% belerang, dan sisanya oksigen dan nitrogen, serta sejumlah renik besi, nikel dan vanadium. Massa molekul aspal bervariasi, dari beberapa ratus sampai beberapa ribu. Senyawa-senyawa ini sering dikelaskan atas aspalten (yang massa molekulnya kecil) dan malten (yang massa molekulnya besar). Biasanya aspal mengandung 5% sampai 25% aspalten. Sebagian besar senyawa di aspal adalah senyawa polar. Akibat kepolaran molekul dalam aspal, molekul satu dengan lainnya dapat membentuk jejaring atau kluster seperti polimer dengan massa sampai ratusan ribu.

Adhesi antara aspal dan batu agregatnya juga sangat bergantung dari kepolaran molekul-molekul dalam aspal. Polimer yang terbentuk dalam aspal adalah polimer yang termoplastik, yakni melunak ketika dipanaskan dan mengeras kembali setelah didinginkan.

Sifat penting inilah yang sebaiknya harus dimanfaatkan dalam pengolahan hotmix untuk jalan. Pada rentang suhu tertentu, aspal dapat bersifat viskoelastik. Artinya aspal dapat menunjukkan sifat seperti cairan kental dan dapat dengan mudah berubah bentuk.

Sebagai contoh; pada rentang suhu 85-150 derajat Celcius, umumnya aspal cukup encer dan di dalam proses pengolahan berperilaku seolah pelumas atau pelincir di antara butiran kerikil atau agregat dalam campuran aspal panas (hotmix).

Jadi sebenarnya, adonan atau campuran aspal panas dan batu agregat harus diolah pada rentang suhu ini. Pada suhu tertentu campuran aspal ini harus segera digelar/dihampar dipermukaan jalan yang hendak dilapisi untuk selanjutnya dipadatkan dengan jumlah lintasan alat penggilas yang memadai.

Penggilasan untuk pemadatan harus sudah selesai dikerjakan sebelum aspal mendingin di bawah 85 derajat C atau sesuai jenis aspalnya, penghamparan dan penggilasan aspal akan sulit dilakukan. Dan jika penggilasan masih diteruskan di bawah suhu ini, maka sesama batu agregat di dalam campuran aspal sudah mulai melekat dan tidak mampu lagi bergerak mencari tempat untuk saling mengunci (interlocking).

Jika terus digilas, maka sesama batu agregat akan saling menindas dan kemungkinan pecah, dan atau akan terjadi permukaan lapis atas perkerasan aspal akan kasar berbentuk agregat tidak rata.

Indikasi Adanya Oplosan Aspal Akibat kurangnya pengawasan, bagi pelaksana nakal, ada peluang untuk menghindari risiko anjloknya suhu aspal dan berakibat sulit penghamparan dan pemadatan, campuran tetap terkesan hitam merata walau kurang aspal dan sambil mengirit aspal/bitumen; ditengarai telah memicu terjadinya pengoplosan aspal bitumen. Sebenarnya kadar bitumen ini dapat terlihat pada laporan kadar aspal ekstraksi sesuai lazimnya standar pengujian untuk pendukung pembayaran pekerjaan aspal.

Pengaspalan pada saat hujan atau pada temperatur aspal yang rendah di bawah persyaratan, permukaan aspalnya akan terlihat seperti ini; jika habis hujan lokasi tersebut tampak lebih lambat kering (tetap basah/lembab) tidak kedap air sehingga masih banyak menyerap air.

Walaupun lapis perkerasan aspal ini akan tampak lebih tebal (lihat sketsa), namun dipastikan kerapatan (kepadatannya) tidak dapat memenuhi persyaratan spesifikasi, lokasi seperti ini tidak dapat dibayar sebelum dibongkar dan diperbaiki.

Penggilasan di Bawah Suhu

Penggilasan untuk pemadatan dimaksudkan untuk meningkatkan kontak antar-agregat dengan aspal dan saling mengunci antara agregat (interlocking), mengoptimumkan lubang-lubang udara dalam bagian perkerasan jalan, dan memuluskan lapis permukaan jalan (surfacing).

Peningkatan kontak antar-agregat dan aspal akan meningkatkan kestabilan dan kekuatan lapis perkerasan jalan. Lubang udara (void) dalam lapis perkerasan aspal harus optimum. Karena kalau terlalu banyak lubang udara akan menyediakan tempat merembesnya air dan mengurangi kekuatan ikatan. Namun demikian, kalau tidak ada lubang udara sama sekali lapis perkerasan jalan akan mudah pecah/retak akibat sukarnya lapis perkerasan aspal memuai disaat cuaca terik matahari kemudian hari.

Air dapat menurunkan usia layanan perkerasan jalan aspal. Akibat air merembes masuk ke dalam badan jalan, lapis pondasi jalan melemah dan mengakibatkan permukaan perkerasan aspal juga dapat bergelombang selain itu ikatan antara agregat pada lapis perkerasan aspal menjadi mudah lepas lepas.

Selain niat baik dan kemampuan penyelenggara jalan, faktor penting menuju pekerjaan jalan aspal berkualitas, antara lain;

a.     Ketepatan perencanaan sesuai kondisi lapangan; perlunya perbaikan kerusakan perkerasan sebelumnya, lapis pondasi dan drainase, prediksi

       volume dan beban lalulintas. Semua negara kecuali Qatar, konstruksi jalannya didesain dengan batasan muatan sumbu terberat. Di Indonesia

        jalan umumnya masih didesain maksimal dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) 8,2 ton, kecuali jalan tol MST 10 ton.

b.    Kualitas bahan-bahan yang sebenarnya digunakan; karakteristik setiap material sendiri (pasir, batu split, aspal) dan setelah menjadi campuran.

c.    Terpenuhinya persyaratan pelaksanaan di lapangan; hal ini biasanya diawali apakah terpilih penyedia jasa yang mampu dan berkompeten. Sebaik

       apapun faktor di atas tetap tidak akan mampu menghasilkan kualitas yang baik, jika pelaksanaan di lapangan tidak sesuai prosedur pelaksanaan


       seperti dipersyaratkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAB PAGAR TEMBOK

berikut rab pagar tembok, agar estimasi ini bisa menjadi pengetahuan untuk merencanakan anggarn biaya membuat pagar tembok. contoh dari rab pagar tembok biasa / polos tanpa variasi rencana pembangunan tembok panjang 6 m dan lebar 6 m tinggi 3 meter maka total panjangnya adalah 12 m’ dan luasnya adalah 36 m2, setiap 3 m dibutuhkan satu kolom praktis sehingga dibutuhkan 5 kolom, maka prediksi biaya yang harus dikeluarkan adalah : • Pekerjaan pondasi Rp. 200.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 2.400.000,- • Pekerjaan sloof ukuran 20 x 30 cm Rp. 150.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 1.800.000,- • Pekerjaan kolom ukuran 10 x 10 cm Rp. 150.000 / m’ x 3 m ‘ x 5 bh = Rp. 2.250.000,- • Pasangan bata merah, plester dan aci Rp. 150.000 / m2 x 36 m2 = Rp. 5.400.000,- • Jadi total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 11.850.000,- (warna biru harga berbeda tiap daerah berdasarkan harga satuan ya sesuai RAB)  

RAB MENGHITUNG KEBUTUHAN MATERIAL PAGAR BATA / Batu Bata Merah

Sesuai dengan judul postingan kali ini adalah Menghitung Kebutuhan material Pagar, adalah permintaan dari pembaca yang minta bantuan menghitung kebutuhan material untuk pagar seperti gambar. Ukuran pagar Tinggi 2 meter panjang 8 meter

CARA MENGHITUNG VOLUME KAYU M3 MENJADI JUMLAH PERBATANG

Bagaimana Cara Untuk menghitung / mengetahui jumlah kayu dalam setiap kubiknya per M3 manjadi perbatang,dengan cara : 10.000 : Tinggi ...cm : Lebar .... cm : Panjang Kayu .... M = Hasil contoh 10.000 : 2 : 20 : 4 = 62 batang